Emosi yang intens

Emosi adalah sesuatu perasaan intens yang ditunjukkan pada seseorang atau sesuatu. Emosi merupakan reaksi terhadap seseorang atau kejadian. Emosi ada 2, emosi positif dan negatif.

Emosi positif. Misalnya bahagia, senang, ceria, damai, rasa syukur. Emosi positif mengexpresikan sebuah evaluasi atau perasaan menguntungkan.
Emosi negatif. Misalnya sedih, menangis, marah, kecewa, benci, dll. Emosi negatif mengexpresikan sebuah evaluasi atau perasaan merugikan…
Suatu contoh, ada seorang remaja cewek usia 18 tahun. Dia punya seorang teman cowok yang memiliki hubungan dekat lebih dari sekedar teman, sebut saja mereka pacaran. Dia sudah lama menjalin hubungan ini (pacaran sudah sejak kelas 2 SMP). Hari berganti bulan, bulan berganti tahun, hingga tak terasa hubungan mereka berjalan selama kurang lebih 3 tahun. Hubungan yang sudah terjalin begitu lama, entah ada masalah apa, akhirnya mereka putus. Bagaimanakah emosi yang muncul ketika Anda mengalami kejadian tersebut? Pastinya akan muncul rasa marah, kecewa, benci, Dll. 

Inilah contoh emosi yang timbul karena ada stimulus. Namun, dari peristiwa diatas sebenarnya Anda juga bisa memunculkan emosi positif. Tapi kebanyakan orang, akan cenderung melihat peristiwa tersebut melihat dari sudut pandang negatif, sehingga emosi yang muncul juga negatif Dll.

Post a Comment

0 Comments