Pola pikir yang membedakan orang kaya & miskin

Aria surya president HCK INDONESIA 

Orang kaya berpikir sangat berbeda dari orang miskin dan orang kelas menengah. Mereka berpikir berbeda tentang uang, tentang kemakmuran, tentang mereka sendiri, orang lain, dan semua aspek kehidupan.

Menurut T. Harv Eker, penulis buku best seller “The Secret of Millionaire Mind”, ada 17 perbedaan cara berpikir, kebiasaan, sikap, tindakan orang kaya dan orang miskin. Sebelum menampikan 17 perbedaan tersebut, saya ceritakan latar belakang T Harv Eker terlebih dulu.

T Harv Eker awalnya adalah seorang yang berkali-kali bangkrut dalam usahnya. Pada titik terendah dalam hidupnya, dia bertemu dengan seorang yang kaya raya, teman ayahnya. Orang kaya ini berkata bahwa dulu dia juga miskin seperti T Harv Eker. Hidupnya berubah setelah mendapat nasihat dari seseorang. Nasihat yang sama disampaikan kepada T Harv Eker.

Orang kaya ini berkata: “Harv, jika kamu masih belum mendapatkan apa yang kamu inginkan, itu berarti ada sesuatu yang masih belum kamu ketahui.”

Orang kaya ini kemudian menyambung dengan pertanyaan: “Tahukah kamu bahwa kebanyakan orang kaya berpikir dengan cara yang serupa?”

Harv menjawab: “Saya sama sekali tidak tahu tentang hal itu”.

Orang kaya itu berkata: “Ini bukan ilmu eksakta, tetapi mayoritas orang kaya berpikir dengan cara tertentu, dan orang miskin berpikir dengan cara yang sama sekali berbeda. Cara berpikir itu menentukan tindakan mereka dan juga hasil-hasil mereka.”

Orang kaya itu melanjutkan: “Jika kamu berpikir dengan cara seperti orang kaya berpikir dan bertindak seperti orang kaya bertindak, apakah kamu yakin bahwa kamu bisa menjadi kaya juga?”

“Saya rasa demikian”, jawab Harv.

“Maka,” jawab orang kaya itu, “yang harus kamu lakukan adalah menyalin / meng-copy bagaimana orang kaya berpikir.”

Yang terjadi selanjutnya adalah, T Harv Eker dengan sepenuh hati melakukan studi tentang orang kaya dan bagaimana mereka berpikir. Dia menemukan sebuah kebenaran bahwa: orang kaya benar-benar berpikir secara berbeda dari orang miskin dan bahkan orang kelas menengah. Akhirnya, dia menyadari bagaimana cara berpikir dia selama ini menghalangi dia dari kemakmuran. Yang lebih penting, T Harv Eker juga mempelajari teknik-teknik dan strategi ampuh yang mengkondisikan pikirannya agar selalu berpikir seperi orang kaya berpikir.

Berbekal cara pikir baru tersebut, T Harv Eker membuka usaha baru berupa toko alat-alat fitness. Karena tidak punya uang, dia menggunakan kartu kredit untuk modal usaha itu, sebesar USD 2000. Dua setengah tahun setelah itu, T Harv Eker sudah membuka 10 toko. Kemudian dia menjual separuh dari toko-tokonya ke perusahaan Fortune 500 seharga 1.6 juta USD.

Berikut ini 17 perbedaan cara berpikir, kebiasaan, sikap, tindakan orang kaya dan orang miskin.

1 Orang kaya percaya ‘sayalah yang menentukan hidup saya’. Orang miskin percaya ‘orang atau pihak lain yang menentukan nasib saya’.

2 Orang kaya memainkan permainan uang untuk menang. Orang miskin memainkan permainan uang agar tidak kalah.

3 Orang kaya berkomitmen untuk menjadi kaya. Orang miskin ingin menjadi kaya.

4 Orang kaya berpikir besar. Orang miskin berpikir kecil.

5 Orang kaya fokus pada peluang. Orang miskin fokus pada masalah / hambatan.

6 Orang kaya mengagumi orang kaya dan sukses lainnya. Orang miskin membenci orang kaya dan sukses.

7 Orang kaya bergaul dengan orang-orang positif dan orang-orang sukses. Orang miskin bergaul dengan orang-orang negatif dan orang-orang yang gagal.

8 Orang kaya mempromosikan diri mereka sendiri dan nilai-nilai mereka. Orang miskin tidak suka mempromosikan diri mereka dan nilai-nilai mereka.

9 Orang kaya lebih besar dari masalah mereka. Orang miskin lebih kecil dari masalah mereka.

10 Orang kaya adalah penerima yang sangat baik. Orang miskin adalah penerima yang buruk.

11 Orang kaya memilih dibayar berdasarkan hasil. Orang-orang miskin memilih dibayar berdasarkan waktu.

12 Orang kaya berpikir ‘keduanya’. Orang miskin berpikir ‘ini atau itu’ / ‘salah satu’.

13 Orang kaya fokus pada kekayaan bersih mereka. Orang miskin fokus pada pendapatan mereka.

14 Orang kaya mengelola uang mereka dengan baik. Orang miskin mengelola uang mereka dengan buruk.

15 Orang kaya membiarkan uang bekerja untuk mereka. Orang miskin bekerja untuk uang.

16 Orang kaya mengambil tindakan bahkan ketika mereka merasa takut. Orang miskin membiarkan diri mereka dihentikan oleh rasa takut.

17 Orang-orang kaya belajar dan bertumbuh sepanjang waktu. Orang miskin berpikir mereka sudah tahu segalanya.

Inilah perbedaan mental kaya dan miskin
Aria surya
www.hipnotiscepatkilat.com

Post a Comment

0 Comments