Menkes Ingatkan Ketenangan & Kebahagiaan Sangat Penting Untuk Cegah Corona

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto, menegaskan bahwa selain menerapkan pola hidup sehat, menjaga ketenangan berpikir & kebahagiaan juga penting dalam peningkatan imunitas tubuh untuk menekan potensi terjangkiti virus corona.
"Bukan hanya Germas (gerakan masyarakat hidup sehat), juga hati pikiran kita. Namanya psikoneuroimunologi. Kalau kita mendapat persepsi dan hal-hal yang salah terus, membuat kita khawatir, cemas, imunitas tubuh kita juga ikut turun," kata Menkes usai menggelar diskusi tingkat menteri terkait isu aktual, terutama terkait COVID-19, di Jakarta, Selasa.
Ia mengatakan upaya untuk menjaga hati dan pikiran tetap tenang adalah usaha paling baik dalam mencegah kemungkinan terinfeksi Covid-19.
Menkes juga mengimbau masyarakat agar tidak panik tetapi tetap waspada dengan selalu berperilaku hidup bersih dan sehat.
"Karena itu yang paling penting," katanya.
Upaya menjaga kesehatan tersebut dapat dilakukan dengan terus menjaga imunitas tubuh untuk terhindar dari kemungkinan terkena COVID-19.
"Nomor satu untuk bisa mencegah, terhindar dari COVID-19 yang utama adalah menjaga imunitas tubuh," katanya.
Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk mengonsumsi makanan bergizi secara cukup dan melakukan gerakan perilaku hidup bersih dengan mencuci tangan seusai beraktivitas.

Mengapa Kebahagiaan Penting?
Para ilmuwan masih kerap berdebat mengenai apakah kebahagiaan paling memengaruhi kesehatan. Sejumlah penelitian menyimpulkan, perasaan senang dan puas dapat meningkatkan kesejahteraan fisik seseorang.

Sebuah penelitian menunjukkan, orang-orang yang mengalami berbagai emosi positif dalam kehidupan sehari-hari, seperti antusiasme terhadap keceriaan dan ketenangan, mungkin memiliki risiko penyakit kronis dan kematian dini yang lebih rendah.

Menurut para peneliti dari Cornell University di AS, orang-orang yang mengalami banyak jenis kebahagiaan memiliki tingkat peradangan lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengalami rentang emosi yang lebih sempit. Tingkat peradangan yang lebih rendah terkait dengan risiko kematian dini dan penyakit kronis yang lebih rendah seperti diabetes.
"Ada banyak jenis kebahagiaan, dan mengalami keragaman keadaan emosional dapat mengurangi kerentanan seseorang terhadap psikopatologi dengan mencegah satu pun emosi mendominasi kehidupan emosional mereka," kata Anthony Ong, profesor di Cornell University.

Studi ini menyoroti satu jalur biologis potensial seperti peradangan sistemik melalui keragaman pengalaman emosional positif sehari-hari mungkin sangat berpengaruh memengaruhi kesehatan jangka panjang.

Dalam studi tersebut, Ong dan rekan-rekannya menganalisis hubungan antara 'keanekaragaman hayati' dengan keluasan dan kelimpahan berbagai emosi yang dialami orang serta tanda-tanda peradangan dalam tubuh.

Seseorang dengan tingkat keakuratan yang rendah merasa hampir sama sepanjang hari, dengan emosi terkonsentrasi hanya dalam beberapa kategori. Sebaliknya, seseorang dengan keimanan tinggi merasakan berbagai emosi sepanjang hari, menyebar secara merata pada spektrum perasaan.

Para peneliti menganalisis data dari 175 orang berusia 40 sampai 65 tahun yang melaporkan emosi negatif dan positif mereka selama 30 hari.

Setiap malam mereka menilai sejauh mana mereka telah mengalami 16 emosi positif hari itu, seperti tertarik dan bertekad untuk bahagia, bersemangat, geli, terinspirasi, waspada, aktif dan kuat. Mereka juga diminta menilai pengalaman mereka terhadap 16 emosi negatif, termasuk ketakutan, kesal, tertekan, gugup dan malu.

Darah peserta kemudian ditarik enam bulan kemudian dan diuji untuk tiga tanda peradangan yang beredar di darah. Rentang emosi negatif mereka - terlepas dari apakah itu sempit atau lebar - tidak berpengaruh pada peradangan.

Namun, orang-orang dalam penelitian yang melaporkan berbagai emosi positif memiliki tingkat peradangan yang lebih rendah daripada mereka yang mengatakan bahwa mereka merasakan rentang yang lebih sempit.
"Emosi melayani peran fungsional bagi individu, membantu mereka memprioritaskan dan mengatur perilaku dengan cara yang mengoptimalkan penyesuaian terhadap tuntutan situasional," kata Ong, penulis utama studi ini.

"Temuan kami menunjukkan bahwa penipisan atau kelimpahan emosi positif, khususnya, memiliki konsekuensi untuk fungsi dan kesehatan ekosistem emosional seseorang," sambungnya.

Bukti yang berkembang dari penelitian lain telah menghubungkan proses emosional dengan peradangan sistemik, yang telah terbukti berkontribusi terhadap kesehatan yang buruk, seperti aterosklerosis, diabetes, penyakit rheumatoid dan osteoporosis, dan menyebabkan sejumlah proses yang memainkan peran utama dalam kematian dini. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Emotion.

LAYANAN HYPNOTHERAPY PROFESIONAL UNTUK PELATIHAN & PENYEMBUHAN KLIK

Post a Comment

0 Comments