Mengenal ADHD (attention deficit hyperactivity disorder) Gejala, Penyebab & Penyembuhan


Pengertian ADHD

ADHD atau attention deficit hyperactivity disorder adalah gangguan mental yang menyebabkan seorang anak sulit memusatkan perhatian, serta memiliki perilaku impulsif dan hiperaktif, sehingga dapat berdampak pada prestasi anak di sekolah.
Attention deficit hyperactivity disorder [(ADHD) - Kelainan hiperaktivitas karena kurang perhatian] adalah kelainan perilaku yang mempengaruhi perilaku atau perkembangan pada anak kecil. Anak-anak yang menderita ADHD menunjukkan tanda-tanda ketidakpedulian, terlalu aktif atau impulsif. Banyak anak yang menderita ADHD tidak dapat menjelaskan, mengapa kadang-kadang mereka tidak bisa mengendalikan diri atau merasa sangat kesepian.
Rentang perhatian normal anak-anak biasanya berlangsung  dalam tiga tahap. Dari memfokuskan hanya pada satu benda untuk waktu yang sangat lama, hingga mengembangkan rentang perhatian yang luas namun dalam waktu yang sangat singkat, dan terakhir, mereka mencapai tahap perhatian selektif, di mana mereka akhirnya bersedia mengalihkan fokus mereka. Tahap terakhir ini sangat penting bagi anak untuk bisa berhasil dalam sekolah. ADHD lebih umum dijumpai pada anak laki-laki daripada perempuan, dan anak-anak yang mengidap ADHD mulai menampakkan gejalanya sebelum mereka mencapai usia tujuh tahun.
Hingga saat ini, penyebab utama ADHD belum diketahui dengan pasti. Akan tetapi, kondisi ini diduga dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. Selain terjadi pada anak-anak, ADHD juga dapat terjadi pada orang dewasa

Gejala ADHD

Gejala utama ADHD adalah sulit memusatkan perhatian, serta berperilaku impulsif dan hiperaktif. Penderita tidak bisa diam dan selalu ingin bergerak.
Gejala ADHD umumnya muncul pada anak-anak sebelum usia 12 tahun. Namun pada banyak kasus, gejala ADHD sudah dapat terlihat sejak anak berusia 3 tahun. ADHD yang terjadi pada anak-anak dapat terbawa hingga dewasa.

Penyebab dan Faktor Risiko ADHD

Penyebab ADHD belum diketahui secara pasti. Namun, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko anak terkena ADHD. Faktor risiko ini meliputi faktor genetik dan lingkungan.

Diagnosis ADHD

Diagnosis ADHD dilakukan melalui kerja sama berbagai pihak, yaitu dokter anak, psikiater anak, orang tua, dan pihak sekolah. Proses diagnosis melibatkan wawancara, baik dengan anak, orang tua, maupun guru.
Selain itu, dokter anak juga akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mencari penyebab lain yang dapat menimbulkan gejala yang mirip dengan ADHD.

Langkah Penanganan ADHD

Penanganan ADHD dapat berupa pemberian obat-obatan, psikoterapi dan hipnoterapi. Selain penderita, orang tua, keluarga, pengasuh, dan guru di sekolah juga perlu mendapatkan bimbingan untuk menghadapi anak dengan ADHD. Walaupun ADHD tidak bisa disembuhkan sepenuhnya, pengobatan yang diberikan dapat meredakan gelaja ADHD dan memampukan penderitanya untuk menjalani hidup dengan normal.

Hipnoterapi

Terapi ADHD melalui hipnoterapi dapat mencakup salah satu atau kombinasi berikut ini:
  • Perubahan pola makan dan gizi untuk memperbaiki kesehatan secara umum, yang mungkin dapat membantu mengurangi & menyembuhkan gejala ADHD.
  • Mendidik anak dan keluarganya mengenai perubahan perilaku.
  • Memberi obat untuk mengendalikan ketidak-seimbangan zat kimia dalam otak dan menargetkan area otak yang berfungsi untuk memfokuskan dan mengendalikan diri.
  • Konseling psikologis untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri.
Yang penting untuk diperhatikan yaitu, pendidikan dan terapi psikologis harus dilakukan secara bersama-sama untuk memastikan keberhasilan terapi.
Dalam keadaan sangat rileks ini, otak bawah sadar akan terbuka untuk pelatihan ulang. Seorang hipnoterapis dapat memberikan saran atau memberikan petunjuk verbal.
Teknik hipnoterapi adalah cara penyembuhan ADHD. Terapi bisa termasuk sesi konsultasi dengan ahli Terapi, terapi perilaku kognitif (CBT), teknik relaksasi untuk penyembuhan.
Untuk mengetahui perawatan mana yang tepat untuk kondisi Anda, konsultasikan lebih lanjut dengan ahli Terapi.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau informasi layanan penyembuhan, silahkan konsultasikan ke:

LAYANAN HYPNOTHERAPY PROFESIONAL UNTUK PELATIHAN & PENYEMBUHAN KLIK

Post a Comment

0 Comments