Mengatasi Sulit Tidur Pada Penderita GERD (Asam Lambung)

Pernahkah Anda mengalami gangguan di lambung seperti sakit dan menjalar ke area ada dan leher? Apa yang terjadi itu diberi nama acid reflux. Asam lambung yang berlebihan naik ke atas dan menyebabkan heartburn. Kalau Anda mengalaminya selama lebih dari dua minggu, kemungkinan besar Anda mengalami asam lambung atau GERD.

Efek negatif dari Asam Lambung pada tidur

Salah satu efek dari asam lambung atau GERD yang sangat besar dan bisa memengaruhi kesehatan seseorang adalah susahnya untuk tidur. Seseorang yang mengalami GERD dan kondisinya agak sulit untuk dikontrol biasanya akan sering mengalami masalah tidur mulai dari insomnia, mengantuk di siang hari, dan sleep apnea.
Insomnia bisa terjadi karena tubuh terasa tidak nyaman. Saat akan tidur dada terasa sangat panas dan membuat Anda tidak nyaman untuk memejamkan mata. Bahkan, saat akan tidur, rasa nyeri akan muncul dan membuat penderita jadi lebih terjaga dari sebelumnya.
Karena sering mengalami masalah di tidur malam hari, siang hari akan membuat seseorang menjadi lelah dan mengantuk. Akhirnya Anda akan sulit melakukan aktivitas setiap harinya. Bekerja pun tidak akan bisa maksimal karena masalah ini cukup mengganggu.
Banyaknya cairan asam yang naik menyebabkan jalan napas mengalami gangguan. Saat akan tidur, Anda akan merasa tidak nyaman dan saat terlelap napas bisa terhenti selama beberapa saat. Dalam satu jam tidur, seseorang bisa mengalami henti napas hingga 30 kali dan menyebabkan masalah tidur semakin parah.

Cara mengatasi sulit tidur meski punya GERD

Cara terbaik untuk mengatasi masalah tidur adalah menekan kondisi GERD akan tidak selalu kambuh dan membuat area perut dan ada nyaman. Untuk itu, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini dengan baik.
Kunyit memiliki efek dapat merangsang produksi empedu sehingga pencernaan akan berjalan lebih lancar. Sedangkan untuk menyembuhkan maag, kunyit belum terbukti bermakna secara statistik melalui penelitian-penelitian ilmiah. Meskipun begitu, tidak ada larangan untuk mengkonsumsi kunyit sebagai penanganan asam lambung dimana meskipun tidak mampu menyembuhkan tetapi kunyit mungkin dapat membantu mengurangi keluhan yang disebabkan oleh peningkatan asam lambung. Konsultasikanlah mengenai penyakit maag yang Anda derita dengan dokter sebelum mengkonsumsi kunyit dan juga untuk pengobatan lanjutan. Selengkapnya silahkan simak artikel berikut :
Susah tidur dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti :
  • Stres
  • Cemas
  • Gangguan tidur
  • Pola hidup yang buruk
  • Kurang istirahat
  • Lingkungan tidur tidak nyaman
Untuk mengetahui penyebab pasti dari kondisi Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Penentuan diagnosis tidak dapat dilakukan tanpa pemeriksaan secara langsung terhadap diri Anda. Penanganan yang tepat akan dapat diberikan sesuai dengan penyebab yang mendasari keluhan tsb. Berikut beberapa tips untuk membantu mengurangi keluhan :

  • Hindari mengkonsumsi makanan dalam porsi besar menjelang tidur
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol
  • Mandi air hangat atau minum susu sebelum tidur
  • Jaga kebersihan dan kenyamanan kamar tidur
  • Lakukan olahraga rutin
Mengatasi sulit tidur dengan cara mendengarkan audio terapi atau musik relaksasi.

Hipnoterapi

Terapi melalui hipnoterapi dapat mencakup salah satu atau kombinasi berikut ini:
  • Perubahan kualitas tidur untuk memperbaiki kesehatan secara umum, yang mungkin dapat membantu mengurangi & menyembuhkan GERD atau asam lambung.
  • Dalam keadaan sangat rileks hipnoterapist akan membantu memperbaiki penderita memperbaiki pola tidur.
  • Memberi masukan positif pada otak bawah sadar untuk mengendalikan ketidak-seimbangan pola pikir dalam otak dan menargetkan area otak yang berfungsi untuk memfokuskan dan mengendalikan diri.
  • Konseling psikologis untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri.
Yang penting untuk diperhatikan yaitu, pendidikan dan terapi psikologis harus dilakukan secara bersama-sama untuk memastikan keberhasilan terapi.
Dalam keadaan sangat rileks ini, otak bawah sadar akan terbuka untuk pelatihan ulang. Seorang hipnoterapis dapat memberikan saran atau memberikan petunjuk verbal.
Teknik hipnoterapi adalah cara penyembuhan GERD. Terapi bisa termasuk sesi konsultasi dengan ahli Terapi, terapi perilaku kognitif (CBT), teknik relaksasi untuk penyembuhan.
Untuk mengetahui perawatan mana yang tepat untuk kondisi Anda, konsultasikan lebih lanjut dengan ahli Terapi.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau informasi layanan penyembuhan, silahkan konsultasikan ke:

LAYANAN HYPNOTHERAPY PROFESIONAL UNTUK PELATIHAN & PENYEMBUHAN KLIK

Post a Comment

0 Comments